Website uptime checker terbaik

Uptime server, bagi kebanyakan calon pembeli/penyewa hostingan adalah hal terpenting yang harus diketahui sebelum memutuskan untuk menyewa hosting di suatu web server. Makin besar uptime nya, makin bagus server pada hostingan tersebut, karena jarang sekali mati. Uptime server bagi sebagian orang merupakan syarat mutlak yg harus dipenuhi untuk membuka bisnis berbasis layanan di internet. Karena sekali saja server mati, walaupun hanya 1 menit, namun berdampak besar bagi profit perusahaan.

Bayangkan Google yang diakses oleh puluhan ribu orang dari berbagai belahan dunia, tiba2 domainnya tidak dapat diakses, karena servernya drop, entah karena serangan DDOS, hacker atau sedang maintenance. Apa yg terjadi? visitor akan kewalahan karena tidak mendapatkan informasi yang diminta dari Google.  Dan walaupun hanya 1 menit mati, namun berarti sekali bagi sebagian orang yg menggantungkan bisnisnya pada internet. Contoh lain misalnya server kaskus.us juga tiba2 mati, apa yg terjadi dengan kaskuser yang menggelar dagangannya (lapak) di FJB? Pastinya akan sangat kasian sekali jika harus kehilangan calon pelanggan karena satu2nya fasilitas yg mereka gunakan utk berjualan juga mati. Sederhananya, tukang ojek tidak dapat ngojek jika sepeda motornya mogok.

Untuk itu sebelum anda memutuskan untuk memilih suatu hosting, ada baiknya anda mengecek uptime server dari hosting yang bersangkutan. Biasanya tidak ada atau sangat jarang sekali yang bisa uptime hingga 100%, namun banyak juga hosting provider yang mempunyai uptime server sampai dengan 99%. Notifikasi dari uptime checker biasanya berguna untuk website owner atau administrator agar dapat segera mengetahui penyebab mengapa servernya down.

Untuk mengetahui berapa uptime server pada suatu hosting anda dapat menggunakan tools yang tersedia di internet. Salah satunya yang saya sukai dan sampai saat ini menurut saya masih yang terbaik adalah http://host-tracker.com. Layanan yang disediakan host-tracker sampai saat ini bersifat gratis dan boleh digunakan oleh siapapun. Berikut kelebihannya:

  • Possibility to receive error notifications both to your Email, ICQ, GTalk or cell-phone via SMS;
  • Possibility to receive specified (daily, weekly, monthly, quarterly, yearly) reports;
  • Accumulation of availability statistics with further reporting;
  • Resource accessibility instant check.
  • Uptime button;
  • Distributed monitoring;
  • Instant site check;
  • Monitoring period – every 1/5/15/30/60 minutes;
  • The HEAD/POST/GET HTTP-methods support;
  • Keyword presence control of a page;

host-tracker.com website

Informasi yang disajikan cukup informatif, karena ada info mengenai IP dari server ybs, location dan juga response time dalam satuan second. Walaupun ada trial versionnya selama 30hari, namun biasanya orang2 lebih memanfaatkan untuk melihat sesekali uptime server hostingnya. Saya merekomendasikan http://host-tracker.com sebagai referensi untuk uptime checker terbaik.

Selain http://host-tracker.com yang masih free juga lainnya adalah http://www.uptimerobot.com. Bedanya dengan host-tracker, uptimerobot mengirimkan PING setiap 5 menit sekali. Namun untuk layanan ini walaupun totally free, anda diwajibkan untuk register untuk menggunakan layanannya. Notifikasi yang diberikan bisa melalui email, twitter atau sms.

uptimerobot.com

Lain lagi dengan http://www.serviceuptime.com yang menawarkan notifikasi uptime server melalui email, jabber, sms  atau phone calls (untuk yang premium service). Check period-nya pun cukup cepat, yaitu 30menit sekali untuk yg free, untuk yg premium bahkan bisa satu menit sekali. Jika anda berminat, anda bisa mencoba yang free dahulu hanya untuk monitoring 1 server hostingan anda. Karena menurut saya cukup lengkap juga informasi yang disajikan http://www.serviceuptime.com jadi saya juga sangat merekomendasikan website ini sebagai uptime checker terbaik.

serviceuptime.com

Biasanya hosting yang sudah dipasangi uptime checker akan ada label/seal seperti ini. Nah kegunaannya untuk memberi kepecayaan kepada calon pelanggan, bahwa server mereka benar2 uptime sekian 99%, sehingga pelanggan percaya bahwa memang server di hosting tersebut selalu up :)


ServiceUptime Website Monitoring Service

Contoh seal di bawah ini untuk salah satu hosting favorit saya, yaitu Hostgator.

network connection

Reference:

http://en.wikipedia.org/wiki/Uptime

http://www.ServiceUptime.com

http://host-tracker.com

http://www.uptimerobot.com/

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s