Memilih web hosting lokal yang cocok

Memilih web hosting lokal boleh dibilang gampang2 susah, karena yg pertama kita harus tau harga pasarannya berapa dan yg kedua kualitas layanan dari web hosting yg mau kita sewa. Harga pasaran untuk sewa hosting dgn kapasitas dibawah 100MB biasanya yg saya dapati harganya sekitar 200-250ribu/tahun utk hostingan yg boleh dibilang popularitasnya biasa2 saja, namun layanan prima. Begitu jg utk hostingan yg populer, biasanya harganya lebih mahal utk kapasitas yg sama, namun karena sudah punya nama(orang lain sudah banyak yg tahu kehandalannya), yg mereka jual adalah layanan yg oke disertai beragam fitur plus-plus seperti email forwarding, unlimited email space, unlimited Mysql database, dukungan terhadap  RoR, Perl, CGI script dll.

Beberapa web hosting lokal secara garis besar biasanya menawarkan 3 paket pilihan, yang pertama Personal, biasanya untuk mereka yg baru belajar membuat website dan sifat websitenya biasanya statis atau jarang di update. Penulis blog biasanya jg ambil paket ini untuk memulai aktifitasnya sbg blogger ataupun jurnalis independen(nggak selalu sih..). Untuk paket personal kapasitas yg digunakan biasanya berkisar antara 20MB s/d 50MB, ada jg yg sampai 100MB, tapi jarang. Kalau hosting-an luar biasanya namanya bukan personal, tapi Bronze atau Alumunium. Harga yg ditawarkan mulai dari Rp50.000 hingga Rp200.000. Fitur yg didapat biasanya baru sebatas dapat menjalankan PHP, dapat 1 database Mysql(kalau sekarang minimal 3 hingga 5 database), 1 FTP account, 1 email forwarding,  CPanel tentunya dll.

Paket yg kedua adalah Business, atau bisnis. Biasanya kapasitas yg ditawarkan lebih dari 100MB hingga 300MB, digunakan oleh mereka yg baru mau memulai usaha(start up), misalnya toko online, jasa pembuatan website dsb. Harga yg ditawarkan berdasarkan pengalaman saya untuk 100MB mulai dari Rp200.000 hingga Rp400.000. Fitur yg di dapat biasanya lebih banyak dibanding yg pertama, mungkin selain PHP bisa jg menjalankan CGI script atau RoR atau Python. Jumlah database yg diizinkan biasanya hingga 10 database, dan tidak hanya Mysql, tapi jg Postgresql. FTP account biasanya juga sudah unlimited, begitu jg dgn email forwarding dsb. Webhosting luar biasanya menyebutnya menggolongkan pake business sebagai Gold atau Diamond.

Paket yg ketiga adalah Enterprise, untuk para pebisnis yg sudah advance dan/atau perusahaan yg semua pemasukannya bergantung dari internet atau website mereka. Tetapi lebih sering yg saya jumpai adalah perusahaan besar. Webhosting luar biasanya menamakan dgn Platinum, Harga awalnya biasanya mulai dari Rp300.000 keatas, tergantung kapasitas yg mau disewa, mulai dari 1GB hingga terserahGB hehe..

Namun kini banyak web hosting baru yg bermunculan dgn harga bersaing dan berani jual murah utk paket hosting(domain 1thn + sewa hosting 1thn) hingga 20ribu per tahun.  Gila nggak tuh? Kalo dipikir2 untungnya dari mana jual domain dan hosting cuma 20ribu/tahun? Tapi menurut beberapa ownernya dari sisi mereka nggak ada masalah dgn harga semurah itu karna space yg mereka miliki masih banyak atau unlimited dan lain sebagainya alasan mereka.

Well, menurut saya hal ini sebenarnya merupakan hal positif bagi konsumen, karna konsumen dapat dengan mudah memilih mana yg terbaik untuk mereka, entah itu paket Personal, Bisnis hingga Enterprise namun yg pasti layanan harus tetap diutamakan. Jangan sampai harga murah, tapi kualitas layanan buruk, misalnya CS di-telponin nggak diangkat-angkat, YM nggak dibalas-balas, atau lama balasnya, uptime servernya rendah, website sering tidak bisa diakses, settingan modul sulit dan lain sebagainya keluhan pelanggan webhosting pada umumnya. Maka dari itu harga mahal seharusnya sebanding dengan layanan yg ditawarkan. Kalo kata orang jawa money is talking :)

webhosting.info

Diatas adalah data dari webhosting.info diambil hari ini (9/3/2011 16:10) sebagai referensi untuk anda menentukan pilihan akan hosting dimana “calon” website anda :D  Grafik menunjukkan sebaran market share (biasanya formula yg saya ketahui adalah jumlah pengguna layanan hosting tsb dibagi total jumlah semua pengguna layanan semua hosting di Indonesia) untuk domain yg menggunakan layanan hosting ybs. Tentunya metodologi yg digunakan webhosting.info MUNGKIN (mungkin lho yaa..) belum tentu 100% akurat, sehingga masih ada beberapa2 keterbatasan yang menurut pembuatnya, Bhavin Turakhia, masih berdasarkan berbagai asumsi-asumsi. Jadi bagi yg webhostingnya tidak dicantumkan disini bukan berarti webhosting anda tidak terkenal atau kurang populer, namun memang cara yg digunakan webhosting.info belum bisa menjangkau kepopuleran webhosting anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s