Tips belanja online

Jika anda ingin membaca pengalaman saya krn pernah kena tipu anda dapat lanjutkan ke paragraf dibawah ini, tapi jika ingin langsung ke tips2nya bisa langsung ke paragraf tips.

BB Onyx impian
Hape impian

Beberapa waktu lalu saya pernah kena tipu ketika ingin membeli sebuah Blackberry onyx pada sebuah toko online, memang toko tersebut sudah memberitahu kepada calon pembeli bahwa berhati2 dalam membeli barang, karena penjual dan toko online tersebut tidak mempunyai ikatan apapun, toko online hanya sekedar sebagai fasilitator/penyedia jasa publikasi barang dagangan si penjual, dan bagusnya toko online tsb sudah menyediakan fasilitas escrow (rekening tampungan/rekening bersama) di websitenya namun sayapun tidak menggunakannya dgn alasan kelamaan, hikzz..terlalu bernafsu ingin punya onyx :(

Rezeki memang belum berpihak pada saya, tergiur dgn BB onyx dgn harga 2,5jt (harga pasaran saat itu masih 4,5 s/d 4,9jt) di sebuah website toko online, sayapun langsung menghubungi si penjual tanpa melalui CS(customer service) toko online tsb, dgn harapan mendapat kepastian dan informasi barang lebih detail dan pengiriman bisa disegerakan. Waktu itu nama penjualnya adalah Robhie Salim dan dia bilang yg jd supplier BB yg dijual online adalah bosnya, dia hanya marketer. Saya sempat menanyakan mengapa harga Onyx kok bisa murah banget? menurut Robhie BB tsb diimpor langsung dari Batam tanpa lewat bea cukai, sehingga tidak ada biaya pajak apalagi garansi distributor, beberapa orang menyebutnya BM(black market). Sialnya, saya dgn bodohnya percaya begitu saja, dan langsung memesan BB tsb utk dikirim ke alamat saya. Awalnya istri saya sudah mengingatkan agar jgn terlalu percaya dgn penjualan online. Setelah berkali2 meyakinkan istri saya, akhirnya luluh juga istri saya.

Kali kedua setelah saya telp menanyakan stok, segera saya mentransfer sejumlah uang seharga onyx, orang itupun bilang bahwa dia akan segera cek ke rekening bosnya dan segera kirim melalui JNE jika uang sudah diterima di rekening bosnya serta berjanji akan kirim no resi secepatnya tanpa menyebutkan waktu pengirimannya. Sempat juga dia meyakinkan saya bahwa banyak yg sudah pesan ke dia dan tidak pernah ada masalah apa2. Tapi anehnya dia tidak menjelaskan apakah pengiriman dilakukan menggunakan box karton biasa atau kayu atau apa. Saya tetap tidak peduli, saya pikir barang akan sampai 3hari kemudian dan PASTI sampai. Mulanya 3hari spt yg dijanjikan barang tidak datang, saya masih mau positif thinking dgn telp ke Robhie, tp saya telp 1kali, 2kali, 3kali, hingga berkali2, hp tidak pernah diangkat dan bahkan tidak ada nada sambung di jam2 kerja. Sms juga tidak pernah dibalas. Sudah habis positif thinking saya. Seminggu, dua minggu,..hingga sebulan saya tunggu barang tidak juga sampai ke tangan saya. Akhirnya saya hanya bisa menyesal seumur hidup tidak menghiraukan orang yg benar2 menyayangi saya, yaitu istri saya sendiri. Saya benar2 ditipu mentah2 oleh si Robhie, memang kadang kita tidak boleh terlalu positif thinking apalagi thdp orang yg tidak pernah ketemu sebelumnya. Akhirnya dengan terpaksa saya relakan uang saya yg sudah berpindah rekening tsb dan saya hanya bisa gigit jari kalo ingat hal tsb. Sayang seribu sayang, saya tidak menyimpan bukti transfer ke rekening BCA bosnya si Robhie, namanyapun saya agak lupa, karna sudah hilang entah kemana karna kejadiannya sudah bulan Juli lalu, juga nomor HPnya yg sudah tidak aktif sudah saya delete dari HP jadul saya, karna saya berharap bisa mengikhlaskan walaupun sampai skrg rasanya sulit untuk melupakannya. Bisa saja mencetak rekening koran, tapi sampai saat ini masih belum sempat melakukan hal tsb karna kesibukan.

Hikmah yg bisa diambil dari kejadian saya, sekali2 jgn pernah percaya sedikitpun dgn orang yg belum kita kenal, kecuali orang tsb sudah punya reputasi recommended seller dalam hal penjualan produknya spt yg dilakukan ebay dgn reputation atau kaskus dgn cendol ijo-nya.

The Tips

Sebagai pelajaran, berikut tips2 saya utk menghindari penipuan dalam belanja online, silakan jika ada yg ingin menambahkan:

1. Paling penting: Jangan langsung percaya dgn apa yg anda lihat di website, siapapun penjualnya, berapapun harganya dan apapun yg dijualnya jika harga yg ditawarkan lebih murah dari harga pasar. Saya tidak meng-general-isir semua penjual sama, namun perlu kehati2an dalam memilih toko online atau seller yg tersebar di dunia maya. Pastikan hanya penjual/seller yg mempunyai reputasi yg baik yg anda pilih, bisa dilihat dari testimoni pembeli/buyer atau bisa searching terlebih dahulu di Google.

2. Gali informasi lebih dalam mengenai suatu produk, terutama harga yg berbeda dgn yg dipasaran. Reconfirm dgn seller benar asli(original) atau aspal(asli tapi palsu) atau barang reject(walaupun banyak juga yg mencari barang jenis ini, karna harganya lebih miring dibanding asli/original)

3. Jika seller berada satu kota dengan anda, usahakan COD(cash on delivery) agar anda dapat mengetahui kondisi barang pada saat pembelian. Jangan pernah anda transfer lebih dulu, kecuali penjual menggunakan rekening bersama (rekber) spt di kaskus. Pernah ada kejadian di kaskus, ketika COD, si penjual janjian di dpn terminal rawamangun dgn pembeli, ketika datang si pembeli bertiga dgn temannya menggunakan taksi dan mengaku sudah mentransfer uangnya sejumlah harga iphone yg dijual ke rekening si pembeli, dan segera membawa iphone yg hendak dijual si penjual, tanpa sempat si penjual mengecek ke atm apakah uangnya benar sudah ditransfer. Si pembeli bilang bahwa dia buru2 dan sedang ditunggu, shg tidak sempat memberi slip transaksi. Setelah dicek ke atm, tidak ada uang yg masuk sama sekali ke rekening penjual dan penjual mencoba menghubungi si pembeli namun hp sudah tidak aktif, barulah sadar si penjual bhw dia telah ditipu mentah2 oleh penjual.

4.  Masih berhubungan dgn nomor 3 diatas, ini berlaku untuk penjual dan pembeli. Jika anda penjual, usahakan barang jangan dilepas terlebih dahulu sebelum anda yakin si pembeli telah mentransfer uangnya ke rekening anda. Namun jika anda pembeli, jgn pernah juga anda mentransfer sebelum anda tau bahwa barang yg dijual sama persis spt yg disebutkan di website, termasuk kondisinya.

5.  Jika anda pembeli, pastikan anda mengetahui dgn detail semua contact penjual, mulai dari email, no telp, no HP, pin BB, YM, hingga kalau bisa alamat. Karena sewaktu2 penjual mengelabui anda, anda dapat langsung mendatangi alamatnya. Namun jika anda penjual, sama spt pembeli, pastikan calon pembeli jg menyertakan contact yg dapat dipercaya spt yg disebutkan diatas. Kecuali jika anda sudah percaya 100% pada penjual ataupun pada pembeli krn sebelumnya pernah terlibat transaksi.

6.  Jangan percaya dgn harga terlampau murah, misal dibawah 50% harga pasaran. Terlampau murah bisa ada 2kemungkinan: barang bukan original alias barang cacat atau bukan barang baru/apa adanya (sold as is), ATAU memang jebakan betmen.

7. Sebelumnya cek dahulu norek si penjual atau pembeli yg blacklist di website2 yg tersebar di internet(saya sertakan dibawah). Di kaskus ada juga link yg untuk penjual/pembeli yg blacklist agar anda tidak terlanjur bertransaksi dgn mereka.

8. Jangan tergiur dgn foto banyaknya bukti resi yg ditampilkan penjual, karna seolah2 dia banyak pelanggan.

9. Belajar dari pengalaman saya, pernah jg saya hampir bertransaksi dgn website luar(dari UK) yg menawarkan iphone 3GS dgn harga $150 BNIB(brand new in box) dan sudah sempat email2an. Jelas sudah tidak masuk akal dgn harga semurah itu bisa punya iphone unlock dgn hanya $150. Cirinya adalah para penjual gadungan ini biasanya lebih agresif dibandingkan pembelinya. Mereka akan menghubungi kita secara privat baik melalui email atau YM.

10. Sering2 main ke FJB(forum jual beli) dari kaskus sebelum bertransaksi, untuk mencari tahu secara detail barang yg anda butuhkan dan informasi lainnya. Cukup banyak kasus2 penipuan thdp penjual maupun pembeli yg saya dapatkan dari cerita para member kaskus mengenai kejadian2 yg menimpa korban selama bertransaksi online di dunia maya untuk menambah wawasan kita bahwa diluar sana ada banyak orang yg siap menguras uang kita jika kita tidak waspada dan mempunyai informasi cukup.

Berikut link ke website2 yg melampirkan list2 penipu:

http://goodsouvenir.blogspot.com/2009/08/list-penipu.html

Website dibawah ini perlu di konfirmasi ulang kebenarannya, karna ada beberapa korban yg melaporkan  penipuan dari website2 dibawah ini:

http://hptermurah2010.blogspot.com/

http://www.bigsalephone.co.cc/

http://www.iklansip.com/handphone/jual-hp-blackberyiphone-3gnokia-murah-black-market-ready-stock.html

http://www.handphone-murah.com/saran-dan-kritik/tambahan-tukang-tipu-saintcell

Dibawah ini ada link2 berguna untuk anda baca sebelum melakukan transaksi online, atau anda bisa googling mengenai penipuan yg terjadi di dunia maya:

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5054923

http://infoselular.blogspot.com/2010/06/cara-mengetahui-penipuan-penjual-hp-bm.html

Mohon maaf jika ada yg tidak berkenan, saya tidak menggeneralisir semua penjual maupun pembeli sama buruknya, hanya beberapa yg spt itu namun sangat banyak dan berdampak negatif pada kepercayaan masyarakat dalam transaksi online dan semuanya saya lakukan untuk mencegah supaya tidak ada lagi korban penipuan di internet, baik sebagai penjual maupun pembeli. Last but not least, semua yg saya paparkan adalah hasil pengalaman pribadi, jadi mungkin bisa saja sama dgn beberapa pembaca, tapi mungkin jg berbeda dgn beberapa pembaca yg pernah mengalami selain yg saya sebutkan diatas.

6 Comments

    1. wah saya baru baca tulisaqn ini… saya terlanjur transfer ke ww.batamplaza.com, dia minta uang jaminan untuk barang pengiriman elektronik dari tiki JNE, saya enggak mau malah minta di transfer pulsa sebagai tanda serius untuk ditanggulangi dana jaminan….. kemungkinan besar indikasi penipuan… hati2

  1. tolong….. para ahli komputer yang handal bisa menghancurkan web….blog dan lain sebagainya yang sudah terbukti penipuan karena dapat merugikan dan sangat merugikan bagi pebisnis online……

    1. Terimakasih informasinya pak, bagi bapak-ibu yang merasa tertipu bisa langsung mendaftarkan nomor kontak penipu dan namanya ke halaman facebook pak Iskak diatas.

Tinggalkan Balasan

