Ujian sertifikasi CISA dan CISSP berbarengan di bulan Juni

Ujian CISA yg diselenggarakan ISACA tiap bulan Juni tinggal sebentar lagi, kira2 sebulan setengah dari sekarang, yaitu 12 Juni 2010. Ujian biasanya bertempat di JIS (Jakarta International School). Bagi yang ingin mengambil sertifikasi CISA, sekarang adalah waktu untuk bekerja keras, belajar kejar target 2jam sehari untuk memahami materi dari ISACA, karena menurut para kandidat yg sudah lulus, soal2 CISA merupakan soal yg bersifat indirect question. Jadi membaca soal tidak cukup hanya sekali melainkan harus berkali2 dulu untuk memahami maksud pertanyaannya, begitu juga dengan jawaban, karena semua jawaban adalah benar, jadi harus memilih yg paling benar dari yg benar( katanya sih..CMIIW ) :D

Namun ada jg yg sedang deg2an untuk menanti tanggal yg sama, yaitu para peserta ujian sertifikasi CISSP yg diselenggarakan (ISC)2. Konon kedua sertifikasi tersebut dilakukan di tanggal yg sama, yaitu 12 Juni 2010, namun di tempat yg berbeda.

Buat yg penasaran apa itu CISA dan CISSP, CISA adalah sertifikasi profesional yg dikeluarkan oleh ISACA sejak tahun 1978 dan saat ini sudah ada sekitar 75000 profesional dari belahan dunia yg sudah memegang sertifikasi ini. CISA lebih ditujukan untuk IT dari sisi Audit Process, Governance, SDLC, Risk, proteksi informasi dan aset dan Business continuity yg semuanya terangkum dalam 6 domain. Sedangkan CISSP lebih kearah tehnikal dan memerlukan pemahaman secara mendalam untuk bidang2 yg berkaitan dengan IT, seperti kriptografi, telecom and networking, application and system development, business continuity, security model and architecture dsb yg semuanya terangkum dalam 10 domain spt sudah dijelaskan diatas.

Balik lagi ke persiapan ujian, saat ini banyak training center di Jakarta yg menawarkan preparation course khusus untuk menyambut (emangnya tamu?) ujian sertifikasi CISA maupun CISSP. Beberapa diataranya yg saya tahu biasanya Pusilkom UI, Binus Center, Intersystem, Multimatics, Ant, Unipro, dan XecureIT.  Masing2 menawarkan biaya dan keunggulan yg bervariasi, jika anda mempunyai kelonggaran finansial, ambil preparation course sangat dianjurkan, selain mempunyai bekal lebih matang juga didukung dengan sharing pengalaman para instrukturnya untuk berbagi tips dan triknya. Sedangkan bagi anda yg terbatas dari sisi finansial, tidak usah berkecil hati, mumpung masih ada waktu, pergunakan waktu sebaik2nya untuk belajar mendalami materi dari masing2 sertifikasi tersebut, perbanyak kunjungi artikel/blog yg berhubungan dengan CISA/CISSP serta perbanyak download soal2 yg tersedia dan yang terpenting jangan lupa berdoa dan usaha jangan pernah putus asa.

Selamat berjuang..!

Recommended reading:

1. ISACA

2. ISC2

3. CCure.org

4. Blog Anjar Priandoyo

5. Blog Aresto Yudho

6. Blog Basuki Rahmad

7. Blog Mukhson Rofi

8. Blog Wisnu Murti

7. Computer audit FAQ

9. CISA made easy

10. CISA exam tips & links

#Image from ISACA and ISC2 website.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s