Sharing is Caring

Postingan lama, mau di publish, tapi cuma nongkrong di draft: (update 06/11/2008)

Belakangan ungkapan ini selalu terngiang-ngiang di kepala saya. Apa sebab? Ndak tau juga, mungkin karena sering membaca ungkapan ini, jadi hapal, tapi yang pasti ada maksud baik dibalik ungkapan ini.

Pertama kali melihat ungkapan ini saya dapat di situs http://warez-bb.org situs ini memang diperuntukkan buat mereka2 yang suka sharing atau berbagi file ke sesama netter. Atau istilah keren nya warez. Entah itu file berbayar(yang seharusnya kita membayar untuk mendapatkan nya) ataupun file gretongan yang tanpa sedikitpun kita perlu merogoh kocek untuk mendapatkan nya atau gratis.  Filenya pun bentuknya bisa  bermacam-macam. Bisa film, dvd, musik, ebook, software orisinal (yang sudah dibajak tentunya), paper maupun tips dan trik. Walaupun sebenarnya tidak di benarkan berbagi software yang telah di crack, karena kasian juga perusahaan software tsb, ternyata software miliknya tersebar bebas di internet. Hehe..Tapi bukan itu yang mau saya tonjolkan disini, melainkan semangat berbaginya itu loh..

Menurut saya ungkapan ini mengandung unsur pembelajaran yang bisa kita terapkan bersama. Dengan sharing berarti kita memang peduli terhadap sesama atau orang yang lain yg butuh ‘sesuatu’ dari kita. Sharing bisa juga menjadi jembatan untuk memperluas wawasan kita mengenai suatu hal yang mungkin tadinya kita tidak mengetahuinya. Selain itu sharing juga menjadi pemutus tali kebodohan kita terhadap sesuatu yang tidak kita ketahui.

Kalau ada yang tanya contohnya seperti apa? mudah saja, suatu saat kita tersesat di jalan, lalu kita tanya orang yang kebetulan tinggal di daerah situ, bagaimana caranya kita ke jalan X misalnya. Maka dengan mudahnya orang tadi pasti sharing ke kita kalau untuk menuju jalan X harus lewati sini, belok kanan, kiri, kanan lagi dst. Cukup konkret kan?

Bukankah sharing berarti juga berbagi info?

Saya jadi teringat ucapan guru ngaji saya di kantor beberrapa waktu lalu (6/6/08). “Dalam hidup bersosialisasi, saya selalu punya prinsip bahwa saya yg selalu butuh orang lain, maka dari itu hormatilah dan hargai orang lain yang kita kenal. Orang lain mungkin tidak butuh kita, tapi kita butuh orang lain..Kita nggak akan  bisa sukses tanpa bantuan orang lain, kita mungkin ngga akan bisa masuk surga (menurut ajaran saya) juga karena kalau bukan bantuan orang lain..”.

Nah lho? Jadi sebaiknya gimana?

Logikanya, setiap yang kita lakukan akan berlaku juga sebaliknya ke kita. Kalo boleh saya jabarkan menurut pandangan saya yg masih bodoh ini, setiap kali kita melakukan kebaikan, kita tetap butuh orang lain untuk mengaktualisasikan kebaikan tersebut, tanpa orang yang bertanya ke kita, kebaikan tidak akan terbentuk. Untuk itu tetap butuh subjek dan objek pada kasus diatas, kitalah subjeknya sedangkan orang yg bertanya adalah objeknya. Kita si penerima sharing, sedangkan orang yang memberitahu jalan X adalah si pemberi sharing. Hehe.. Kayaknya bahasanya agak aneh ya? ;P
Anyway, sharing makes you care to others, even nobody know what you share is useful or not. Like this article Hehe..

Happy sharing!

PS. Kalo sharing contekan gimana? hehe..kalo itu di jawab sendiri aja yaa.. =)

2 Comments

  1. wah, persis. aku jg suka mikir, betapa baiknya user-user rapidshare, 4share, ziddu, dan lain-lain yang dengan gratis membagikan file-file mereka begitu saja.

    bener-bener berterimakasih banget deh dgn adanya situs2 sharing. maklum, statusnya masih tukang donlot, bukan tukang upload :mrgreen:

  2. Betuls, bahkan kalo teteh tau ebooknya Laskar Pelangi, si pengkonversi (pengubah dari buku menjadi ebook) sampe rela2in ngetik ulang semua yg ada di buku Laskar Pelangi agar dapat dibaca/dinikmati semua orang, karena saking inginnya berbagi untuk orang yg gak bisa beli or baca buku Laskar Pelangi. Secara memang bukunya bagus sekali isinya, inspiratif deh.

    Tentunya hal tsb tidak diperkenankan, karena merugikan penerbit, tapi menurut saya hal tsb bermanfaat. Walaupun mungkin caranya salah.

    Sama, saya juga masih tukang donlot nih hehe.. :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s