Es teh bisa juga berbahaya

Barusan saya sedang browsing2 di republika nggak sengaja saya baca artikel ini.  Judulnya: Batasi Es Teh, Hindari Batu Ginjal. Agak serem juga sih judulnya, karena saya sendiri adalah salah satu penikmat dan penggila es teh manis. Menurut yang tertulis di artikel tersebut, es teh mengandung zat oxalate yang dapat menyebabkan kunci pembentukan batu ginjal pada es teh dengan tingkat konsentrasi tinggi.

Berikut saya kutipkan dari Wikipedia, tentang Oxalate:

An oxalate (also ethanedioate) is a salt or ester of oxalic acid. As a salt, the oxalate anion has the chemical formula C2O42− or (COO)22−.

Consumption of oxalates (for example, the grazing of animals on oxalate-containing plants such as greasewood), or human consumption of Sorrel may result in kidney disease or even death due to oxalate poisoning. The presence of Oxalobacter formigenes in the gut flora can prevent this.

The charge on oxalate allows it to act as a chelator of various positively charged metal ions.

Bahan makanan lain yang memiliki kadar oxalat yang tinggi dan ada kemungkinan arus dihindari oleh sebagian orang adalah: Bayam, Coklat, dan Kacang. Hiks.. :( padahal saya suka coklat juga..

Disarankan untuk mengganti es teh dengan air putih atau air putih yang di campur dengan lemon atau jus lemon, alasannya karena lemon memiliki kandungan sitrat yang tinggi dan dapat mencegah pembentukan batu ginjal. Selain dianjurkan untuk meminum air putih, disarankan juga untuk mengurangi konsumsi garam, dan beralih ke makanan yang mengandung banyak kalsium tinggi agar dapat menetralkan penyerapan tubuh terhadap oxalate.

Artikel lengkapnya dapat anda baca disini: http://republika.co.id/launcher/view/mid/19/news_id/1944

Artikel diatas memang tidak menyertakan bukti2 penelitian secara ilmiah, apalagi dibandingkan dengan green tea yang selama ini menurut orang2 (bahkan orang terdahulu) sebagai obat anti oksidan, sehingga saya sendiri juga agak ragu. Namun tidak ada salahnya juga jika kita mulai mengurangi kadar konsumsi kita agar tidak terlalu berlebihan dalam konsumsi es teh.

Sebagai perbandingan, anda juga bisa membaca beberapa artikel tentang benefit meminum teh di google: http://www.google.co.id/search?q=benefit+tea&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:en-US:official&client=firefox-a

atau disini http://www.health.harvard.edu/press_releases/benefit_of_drinking_green_tea.htm

Wah mudah2an saya bukan termasuk orang yg beresiko tinggi dengan batu ginjal, sehingga masih bisa minum es teh manis jika sedang haus :)

2 Comments

  1. wah kalo teh botol mohon maaf saya juga kurang tau mbak…belum cari2 lagi informasi yg relevan. tapi sepertinya sih nggak masalah, karna yang sebaiknya dihindari itu kalo es nya dingin sekali..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s