No Tobacco Day, sebuah ajakan..

Agak telat sih, tapi isinya tetap bermutu, saya ambil dari http://akuinginhijau.wordpress.com.
Mungkin banyak yang sudah bosan dengan isu tentang rokok, tetapi buat saya, saya tidak akan pernah bosan untuk mengingatkan teman2 sekalian untuk berhenti merokok selagi masih bisa. Well, pilihan memang ada di kita, mau berhenti atau tetap merokok, tapi setidaknya kita bisa makin bijak menggunakan sebagian rezeki yang kita peroleh untuk membelanjakan hal2 yang kita sukai.

Rokok seperti yang kita ketahui dan sudah ditulis di artikel sebelumnya “Stop Merokok. Bukan Karena Asapnya, Tapi Proses Pembuatannya” juga merusak lingkungan mulai dari proses pembuatan hingga akhirnya dihisap dan dibuang.

Untuk tahun ini, WHO memfokuskan diri untuk kampanye NO TOBACCO DAY (Hari Tanpa Rokok) untuk anak-anak dan remaja seperti pada slogannya Tobacco Free Youth. WHO mengatakan bahwa salah satu cara untuk mengurangi ketertarikan remaja akan rokok, yang memberikan gambaran glamor, kesuksesan, dan petualangan, adalah dengan melarang iklan dan ajang promosi rokok. Apalagi lebih dari 80% dari 1.8 milyar anak-anak ada di negara berkembang sehingga lebih mudah terbawa arus dan termakan iklan. Anak-anak yang mencoba merokok di usia muda lebih memiliki potensi untuk menjadi perokok berat di kemudian hari. Oleh karena itu ajakan WHO untuk menanggulangi rokok di usia muda harus didukung oleh semua pihak.

Kita sebagai salah satu negara penghasil rokok terbesar dengan populasi perokok yang besar dan juga ketergantungan pendapatan negara serta pekerjaan masyarakat yang tinggi kepada industri rokok menjadi salah satu kendala untuk mewujudkan negara yang bebas rokok. Larangan merokok di gedung sudah ada dan ini adalah suatu prestasi pemerintah.

Beberapa fakta rokok dari WHO adalah:

  • Ada lebih dari 1 milyar perokok di dunia
  • Rokok mengakibatkan kematian hampir setengah (50%) dari semua perokok
  • Hampir setengah anak-anak di seluruh dunia menghirup polusi udara dari rokok
  • Pemakaian rokok terus meningkat walaupun di negara berkembang menurun
  • Rokok mengakibatkan kematian untuk 5.4 juta orang setiap tahunnya atau 1 orang setiap 6 detik

Jadi, ayo kita jadikan Hari Tanpa Rokok Setiap Hari!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s