Hati-hati bahaya plastik

Mungkin anda sering dikirimi imel tentang bahaya plastik di sekitar kita, begitu juga saya, tetapi seberapa banyakkah dari kita yang peduli akan bahaya plastik yang mengancam kita?

Aku Ingin Hijau adalah salah satu blog yang bagus sekali menjelaskan tentang bahaya plastik. Detailnya ada disini.

Disitu dijelaskan bahwa penggunaan plastik, terutama untuk makanan, yang mengandung Bisphenol A dapat mempengaruhi kerja estrogen di dalam tubuh terutama di bagian otak.

Bisphenol A (abbreviated BPA) is an organic compound with the formula (CH3)2C(C6H4OH)2. Containing two phenol functional groups, it is a difunctional building block to several important polymers and polymer additives.[1] Bisphenol A has become controversial because it mimics estrogen and thus could induce hormonal responses

Karena seperti kita ketahui, fungsi hormon estrogen adalah sebagai hormon utama dalam alat reproduksi wanita selain juga berperan untuk pertumbuhan dan mematangkan sel otak . Dan menurut penelitian, BPA akan mempengaruhi sel neuron dalam tubuh sehingga dapat menghambat kerja hormon estrogen. Hal lain juga disebut bahwa BPA akan mempengaruhi estrogen sehingga dapat menyebabkan kanker payudara pada wanita disamping juga mempengaruhi fungsi otak pada pria maupun wanita.

Dibawah ini adalah beberapa resiko yang diakibatkan penggunaan BPA

1. Carcicogenecity atau Karsinogen.

2. Reproduksi dan Perkembangan

3. Aktifitas Endokrin

4. Pharmacokinetics

Lengkapnya ada disini.

Sebetulnya saya tidak terlalu mengerti sekali bahasa2 yang digunakan, tetapi pada intinya: sama. Akan menggangu sistem kerja hormon reproduksi pada manusia, terutama wanita.

Ohya, ada beberapa jenis plastik yang beredar di masyarakat seperti dijelaskan di blog Aku Ingin Hijau. Lebih jelasnya mungkin anda dapat langsung menuju ke link yang saya maksud (di bagian sumber).

Yang masih saya sayangkan, kadang informasi yang sampai ke kita terabaikan begitu saja, masih banyak orang menggunakan plastik macam styrofoam untuk membungus makanan, katanya untuk menjaga agar makanan tetap awet panas dan bentuk makanan itu sendiri terjaga dibanding menggunakan plastik biasa atau bungkus kertas, selain styrofoam itu sendiri memang lebih murah dan nggak ribet :(

Tapi jika mengutip pernyataan mas Harry Sufehmi, ada harapan bahwa pemanfaatan plastik bio-degredable dapat difungsikan kedepannya untuk mengurangi penggunaan plastik dimuka bumi. Bahkan saat ini ada juga perusahaan yg berdomisili di Londong yang merasa ‘terpanggil’ untuk melakukan pengembangan plastik recycle dari jagung maupun dari kentang seperti saya kutip dibawah ini (ikut2 mas Harry hehe..)

Since June 2002, Co-op Organic Oranges and Co-op Organic Onions have utilised biodegradable netting and from January 2003 the six pack Co-op Organic Tomatoes will use biodegradable trays and biodegradable film. This form of plastic is starch based, made from natural renewable materials derived from non-genetically modified sources such as corn and potatoes.

Yah, semoga saja penggunaan plastik dapat dikurangi, terutama di negara kita. Ayo mari kita kurangi penggunaan plastik di sekitar kita!

Sumber:

http://akuinginhijau.wordpress.com/2008/03/16/hati-hati-dengan-bahaya-plastik-pelajari-sebelum-terlambat/

http://www.halalguide.info/content/view/585/40/

http://en.wikipedia.org/wiki/Bisphenol_a

http://www.bisphenol-a.org/scipub/tox.html

Bahaya Plastik : dan lingkungan kita

http://www.co-operativemembership.coop/en/food/responsibleretailing/environmentandsustainability/recycling/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s