Waktu Produktif

Setiap orang pasti mempunyai waktu produktif dalam bekerja, termasuk saya dan anda tentunya. Kalau waktu produktif saya biasanya dari jam 8 pagi (masuk kantor) hingga jam 10.30 an. Setelah itu saya rasanya sudah tidak dapat lagi melihat layar monitor, atau muak. Mata juga lelah. Makanya butuh juga istirahat. Biasanya istirahat dari jam 12 hingga jam 13 saya gunakan waktu saya untuk tidur setelah selesai solat, jika badan rasanya capek sekali atau ngantuk sekali. Itupun jarang sekalisaya tidur, jika dan hanya jika badan saya benar-benar capek sekali.

Selesai istirahat dari jam 13 hingga jam 14.30 biasanya itu adalah waktu produktif saya yg kedua, nanti adzan ashar biasanya saya menyegerakan solat, agar badan juga tidak kaku, karena harus duduk terus-terusan didepan komputer. Bukannya saya orang yang mood-mood-an dalam bekerja, tetapi saya lebih kepada mengoptimalkan waktu produktif saya dalam bekerja, karena hasilnyapun lebih optimal dibanding mengerjakan pekerjaa dalam jangka waktu yg lama tetapi otak tidak dapat berkonsentrasi dengan maksimal atau fokus menjadi blur.

Biasanya tanda-tanda saya sudah tidak produktif dalam sehari dapat dikenali. Seperti mata lelah, berbayang kalau melihat sesuatu, pikiran sudah tidak fokus, atau mungkin sudah sulit untuk konsentrasi. Tidak ada obatnya untuk mengembalikan supaya bisa produktif lagi kecuali istirahat, maksudnya, janganlah kita memporsir semua tenaga kita dikerahkan hanya untuk mengerjakan semua pekerjaan sulit, ada baiknya kita pilah-pilah dahulu berdasarkan kepentingan atau prioritas. Saya biasanya selalu mengerjakan yg lebih urgent dahulu dibandingkan mengerjakan yg lebih mudah.

Untuk itu penting bagi kita untuk mgetahui produktifitas kerja kita dalam sehari, jadi bisa mengoptimalkan output yang kita hasilkan dari 8jam bekerja. Saya paling suka biasanya mengerjakan segala pekerjaan saya di 2jam awal saya mulai kerja, yaitu dari jam 8 hingga jam 10.

Bagaimana dengan anda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s