Setelah ABMP

Setelah ABMP

ABMP Jumat kemarin adalah hari terakhir dimana saya mendapatkan banyak sekali manfaat yang bisa saya terapkan di kehidupan saya, terutama dalam pekerjaan saya. Oia ABMP kali ini diakhiri dengan makan-makan lho, hari Jumat ini adalah yang paling asyik dibandingkan hari-hari sebelumnya. Selain karena setelah semuanya dinyatakan lulus dengan nilai yang yaahh lumayan, ABMP hari Jumat ini tidak seperti hari-hari biasanya yang terlalu banyak diskusi. Hari Jumat ini pula lebih banyak kawan saya yang mukanya cerah, karena sudah tidak ada tugas lagi, maupun ujian hehe…akhirnya kita semua sudah selesai…

ABMP ditutup dengan pelepasan jaket ABMP oleh Pak Hizkia dari AMDI ke salah seorang teman peserta ABMP, Rezki. Setelah itu kami semua merayakannya dengan makan-makan bareng, J-CO, chips dan lain-lain.

Pulang ABMP, saya ngga langsung pulang juga karena saya ikut kegiatan lagi bersama dengan teman-teman kantor, yaitu wisata ke Baduy. Hehe…berangkat malam, dan sampai kampung Baduy Luar kira-kira jam12 malam.

Ketika sampai, kami nginap di rumah salah seorang penduduk Baduy Luar, rumah tersebut terbuat dari anyaman rotan persis seperti yang biasa saya lihat di tivi. Tapi sumpah, jalanan gelap sekali, jadi kami semua harus melewati hutan dahulu (ditengah malam yang gelap) sebelum akhirnya sampai ke perkampungan Baduy Luar. Karena sudah capek, begitu sampai kami langsung tertidur.

Esoknya, kira-kira jam8 pagi, kami sudah siap untuk berangkat ke ‘atas’ (istilah untuk daerah penghuni Baduy Dalam). Kata pertama yang muncul di benak, capek. Bayangkan saja, sejak berangkat dari Baduy Luar hingga masuk ke perkampungan Baduy Dalam memakan waktu 5 jam. Pulangnya, dari Baduy Dalam ke Baduy Luar, butuh waktu 4 jam. Sayang kami tidak diperkenankan untuk mengambil gambar di sana, jadinya kami hanya dapat pemandangan saja. Bukan foto suku Baduy Dalam itu sendiri

Akhirnya perjalanan dari Baduy Luar ke Baduy Dalam lalu ke Baduy Luar lagi memakan waktu 9 jam, dengan istirahat di Baduy Dalam hanya 1 jam. Kami sampai di Baduy Luar jam 17.30an. Kira-kira jam 19.30 kami siap harus siap-siap berangkat lagi melanjutkan perjalanan pulang, tapi apa yang terjadi saudara-saudara, mobil yang dikendarai Kun menabrak mobil Ken. Hahahaha…jadilah perjalanan yang benar benar menyisakan kesan yang mendalam.

Berikut foto yang bisa share, maaf ya cuma pemandangan dan foto-foto saya dan teman-teman. Foto orang Baduynya sendiri kami tidak dapat, karena memang peraturannya kami tidak boleh memfoto mereka, karena memang mereka tidak ingin diambil fotonya, alasannya sih agar tetap tertutup dari dunia luar. Wallahu alam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s