Quick Count

Ajang Pilkada DKI sudah lewat kemarin, sampai saat ini Pak Adang dan Pak Fauzi sama-sama mengharapkan dukugan sebanyak-banyaknya dari simpatisan mereka. Beberapa LSM ada yang mencoba untuk menghitung hasil perolehan dengan metode quick count. Apa sebenarnya metode quick count itu? Definisi pastinya mungkin dapat kita temukan di Wikipedia. Quick Count sering diidentikkan dengan mengambil sampling suara secara random dan didasarkan oleh fakta, bukan opini, ditempat yang tersebar di semua area, dalam hal ini mungkin dapat dikatakan kelurahan atau kecamatan atau mungkin wilayah seperti Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan lain-lain.

 

Lalu seberapa akuratkah metode quick count dapat diterapkan? Menurut Iqbal Fadil dari detik.com metode quick count akan akurat apabila mengacu pada metodologi statistik dan penarikan sampel yang ketat serta diimplementasikan secara konsisten dilapangan. Caranya, para relawan diturunkan secara langsung untuk mengamati jalannya pemilu, lalu mereka mencatat ke dalam formulir yang telah disediakan proses pencoblosan dan perhitungan suara di TPS yang diamati, termasuk perolehan suara masing-masing kandidat. Setelah selesai barulah mereka melaporkan hasil temuannya ke pusat data.

 

Nah karena hari ini adalah H+1, maka sudah seharusnya hasil perhitungan dapat disimpulkan. Kalau membaca dari detik.com, kemungkinan jagoan saya, Pak Adang, kalah suara oleh Pak Fauzi Bowo. Walaupun mungkin belum semua data terkumpul, tetapi paling tidak, gambaran perhitungan quick count menunjukan demikian.

 

Bagi saya tidak masalah siapa yang menang, yang penting Jakarta harus berubah, untuk itu dibutuhkan calon-calon pemimpin yang dapat membenahi Jakarta, tak sekedar omongan, namun juga tindakan.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s