Kerjaan Performance Tuning

Sudah kurang lebih 2 minggu ini saya melakukan tuning untuk semua aplikasi FIF yang dibuat menggunakan Oracle Form. Tuning dilakukan mulai dari layer database, SQL query hingga form nya itu sendiri. Oia, bagi yang belum pernah mendengar apa itu tuning, mungkin saya jelaskan sedikit tentang SQL Tuning.

Tuning adalah aktifitas merombak skrip SQL agar menjadi lebih cepat. Ini menurut definisi saya lho, definisi lengkapnya mungkin dapat dicari di Google atau wikipedia, atau bahkan Oracle nya sendiri. Kalo dianalogikan, tuning sql mirip dengan tune-up pada motor. Hal ini terjadi sebelumya pada semua aplikasi FIF, semua aplikasi FIF yang menggunakan pooling terasa sangat lambat sekali karna adanya LOV (List OF Value) yang diexecute oleh user yang tersebar diberbagai cabang. Kalau recordnya sedikit mungkin tidak terasa, tetapi ketika mencapai jutaan, maka query yang membutuhkan banyak kondisi untuk dipenuhi seperti WHERE, AND, OR, greater than, lower than dll, maka pada saat itulah pelambatan query terjadi. Padahal selama ini Oracle dikenal sebagai database tercepat di dunia. Tetapi bagaimanapun juga tetap saja di dunia ini tidak ada yg sempurna.

Kembali ke topik awal, saat ini karna sudah saking boringnya, setiap hari harus berhadapan dengan query, menganalisa, membandingkan, mengoptimasi dan memodifikasi, maka untuk satu hari ini saya putuskan untuk stop dulu ngoprek tuning. Untungnya Bos gak terlalu mempermasalahkan. Mungkin saya akan mulai lagi hari kamis setelah pilkada besok.

Banyak referensi yang saya pelajari, terutama dari Oracle, tetapi kadang masih belum menemukan titik temu untuk analisa tuning seperti halnya aplikasi FIF ini. Tidak ada aturan baku atau pakem tertentu untuk dapat mempercepat (accelerate) suatu query, tetapi satu hal yang saya pegang, selalu gunakan index dan hint optimizer dan perhatikan urutan baca kolom pada suatu table. Bagi yang sudah berpengalaman mungkin ilmu saya tidak terlalu berarti. Tetapi ilmu seperti ini harus tetap saya simpan, makanya saya tulis di blog ini, agar tidak lupa. Paling tidak sudah pernah saya tulis, sehingga jika sewaktu-waktu lupa, maka tinggal buka blog saja hehe…

 

Bagi teman-teman yang punya pengalaman dengan performance tuning boleh dong share ke saya. Itung-itung nambah wawasan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s