Skip to content

Perpanjang SIM keliling di Tangerang

Januari 25, 2011

Mobil SIM keliling

Kamis minggu lalu saya perpanjang SIM A saya yg telah jatuh tempo pada 5 November 2010 lalu. Tanggal 3 November saya sudah pernah ikut perpanjang SIM, namun karna saya datang agak siang (sekitar jam9), maka saya dapat antrian belakang, dan pas pada hari itu saya harus segera check-in di bandara Soetta pukul 12.00 maka akhirnya saya cancel proses perpanjangan SIM saya. Hingga akhirnya kamis lalu (20 Jan 2011) saya baru sempat urus lagi. Jadi SIM saya telat hampir 3bulan.

 

 

 

Nah, untuk anda yg ingin perpanjang SIM melalui fasilitas SIM keliling, terutama anda yg berdomisili di Tangerang, anda dapat memilih jadwal berikut:

Senin – Ruko Taman cibodas

Selasa – Pospolisi Pinang depan perum Buana Garden Pinang

Rabu – Perum Taman Royal I dan III Cipondoh

Kamis – Plasa Shinta Karawaci

Jumat – Perum Mutiara Pluit

Sabtu – Plasa Metropolis WTC Cikokol Tangerang

Minggu – Carefour Daan Mogot

Pengisian form SIM keliling Tangerang

Saya pilih hari Kamis, karena sebelumnya saya sudah pernah ke Shinta Plasa dan saya sudah tau kondisinya, maka saya sengaja datang agak pagi(berangkat sekitar jam7.00) dari Cileduk. Sebelum berangkat, pastikan anda membawa persyaratan berikut:

Kopi KTP 2 lembar

Uang Rp180.000 (tahun lalu 2010, biayanya masih Rp160.000, mulai tahun ini naik sebesar Rp20.000). Saran saya, anda membawa uang pas, karena biasanya petugas tidak ada kembalian :)

SIM asli yang sudah habis masa berlakunya

Pulpen (atau ballpoint) kalau bisa bawa sendiri, karena disana tidak disediakan ballpoint utk mengisi formnya

Saya sarankan anda sudah sampai tempat pembuatan SIM pukul 7.00 agar bisa dapat nomor urut atas, bis SIM kelilingnya sendiri datang sekitar pukul 8.45, siap2 15menit, hingga mulai absen nama pukul 9.00 tepat.

Jarak dari rumah ke Shinta Plasa, memakan waktu 1 jam, jadi saya sampai di sana pukul 8.00 tepat. Begitu sampai, segera cari orang yg mencatat nama andaberdasarkan SIM lama pd selembar kertas utk memastikan anda masuk dalam antrian(no. urut), untuk jasa pencatatan nama anda agar masuk antrian, anda diminta bayar Rp2000 oleh si pencatat tadi. Fungsinya agar nama anda ‘aman’ dalam urutan. Saya waktu itu dapat no urut 24.

Sekitar pukul 8.30 datang lagi orang dari kepolisian(mungkin lho ya) yg membawa formulir permohonan perpanjangan SIM. Nah orang yg tadi sudah mencatat nama2 akan memberikan list urutan tsb ke yg baru datang tadi.

Selanjutnya si yg baru datang tadi akan memanggil nama2 yg ada di kertas sesuai urutan kedatangan spt saya jelaskan sblmnya. Lalu jika tiba giliran anda yg dipanggil, anda diharuskan memberikan SIM yang lama dan fotokopi KTP ke orang tsb utk ditukarkan dgn formulir permohonan perpanjangan SIM. Form permohonan yg dikeluarkan Polri ini warnanya hijau gradasi kuning.

Hihi..ada yg isinya sambil jongkok

Form tsb selanjutnya anda isi dan berikan kembali ke si orang dari kepolisian tadi. Tunggu hingga mobil SIM keliling datang dan bersiap, selanjutnya mereka akan menjelaskan bahwa petugas akan mendahulukan yg wanita/ibu dalam prosesnya.  Setelah itu nama berdasarkan no urut kedatangan akan dipanggil tiap dua orang masuk ke mobil SIM keliling untuk pemrosesan perpanjangan SIM (masuk ke dalam mobil SIM keliling).

Di dalam mobil SIM keliling, formulir anda akan disatukan dgn kopi KTP yg 2lembar tadi dan stempel kepolisian. Setelah itu data anda akan dimasukkan(entry) ke dalam komputer oleh petugas. Yang perlu anda lakukan hanyalah menunggu proses input/entry data selesai, anda akan diminta sidik jari jempol kiri dan kanan. Dan terakhir foto.

1 menit anda diminta menunggu utk proses print/cetak SIM baru.

Selanjutnya, SIM baru sudah ditangan anda. Waktu itu SIM saya selesai pada pukul9.40, cukup sebentar kan? :)

Suasana pembuatan SIM keliling Tangerang shinta plaza

** Informasi Tambahan

- Petugas SIM keliling tidak akan memproses perpanjangan SIM yg sudah telat lebih dari 1 tahun, mereka yg SIM nya telat lebih dari setahun diminta buat baru di SAMSAT Tangerang

- Petugas SIM keliling tidak akan memproses perpanjangan SIM jika SIM lama dikeluarkan diluar daerah Tangerang, misal: Jakarta (Daan Mogot), Tigaraksa dll

- SIM keliling hanya untuk 50 orang saja setiap harinya, jika proses pembuatan SIM berjalan lancar, maka pukul 11.00 petugas sudah selesai dan bersiap kembali ke kantornya, jadi lebih baik jika anda memang datang dari pagi jika ingin diproses :D

 

Refference:

http://marioeinstain.wordpress.com/2009/05/14/sim-keliling-polres-tangerang/

6 Komentar leave one →
  1. Juni 6, 2011 3:02 am

    mau tanya .. apakah jadwal itu pasti atau bisa berubah2 tiap minggunya ? ada no telp untuk tanya informasi lokasi sim kelilingnya ? thanks yah

    • Juni 30, 2011 1:51 am

      Untuk jadwal yg tangerang sudah pasti, Senin – Jumat sama.. sayang saya ngga foto jadwalnya, jadi ngga bisa di share disini.

  2. akhmad permalink
    Oktober 18, 2011 6:45 am

    Siang Pak,
    Barusan saya sms ke 1717 (polisi) katanya bisa perpanjang SIM meski yg lama dikeluarkan diluar Jkt ( Jawa Tengah ),tapi apa harus di polres? Nggak bisa di bus keliling? Terima kasih.

  3. sulis permalink
    Oktober 19, 2011 6:12 am

    kalau lewat dari jatuh tempo ( terlambat ) kena biaya lagi ngak?? trus biayanya berapa?? thnk u

  4. eko wahyudi permalink
    Januari 21, 2012 2:00 pm

    kalau sim sy sudah habis masa berlaku 4 bulan dan alamat ktpnya pindah apakah bisa dilayani di sim keliling?

    • Februari 3, 2012 11:26 am

      Kalo baru 4bulan sepertinya masih bisa, berdasarkan info pak polisi nya di tempat sim keliling. Kecuali sudah lewat setahun, sepertinya harus bikin baru pak.

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

