Lanjut ke konten

Firefox bermasalah

Agustus 2, 2008

Tadi pagi pada saat saya browsing2 di internet menggunakan FF3 di WinXP, pada saat akan mendownload sebuah file, ukuran 20MB, tiba2 FF saya ngehang. Dan itu terjadi sekitar 15 menitan, setelah itu normal kembali, saya bisa save file tadi ke folder saya. Namun, begitu saya akan melakukan download lagi, mendadak FF kembali seperti tadi, ngehang cukup lama hingga akhirnya saya harus nunggu dan ngedumel sendiri. Betapa kesalnya saya untuk hal yang satu ini, perasaan saya kalo pakai Opera nggak sampai spt ini..FF ternyata bisa juga mengecewakan penggemarnya :( kecewa saya

Firefox sucks

Firefox sucks

Setelah di cek di Windows Task Manager, ternyata benar, FF saya memakan resource paling besar. Dengan konsumsi memori hingga 112.872 KB. Sedangkan program lain tidak sampai memakan resource sebesar itu. Dengan rasa masih tidak percaya, saya coba buka menggunakan DTaskManager.

Uhh bener ternyata, FF pengkonsumsi memori yang paling besar di komputer saya. Segera saja saya kill FF. Beralih ke Ubuntu saya dan mencari penyebab dari semua ini, tapi teteup nggak jauh2, pake FF lagi hehe… Ternyata setelah saya googling kesana kemari, berdasarkan mozillazine penyebabnya adalah penggunaaan plugin seperti Flash, atau Java atau Adobe Reader. Normalnya penggunaan memori untuk Windows user adalah sekitar 100 hingga 150 MB, angka ini masih relatif karena FF dikonfigurasikan secara default untuk penggunaan memori yang lebih banyak dibanding memori yang tersedia pada komputer ybs. Sebab lain, bisa jadi karena halaman website yang di load terlalu besar atau penggunaan System Extension seperti WindowBlinds. Begitu menurut mozillazine.

Mungkin ada benarnya, tapi saya sendiri sebenarnya kurang begitu suka menginstall plugin, apalagi WindowBlinds. Masih menurut mozillazine, download history yang sudah terlalu banyak bisa jadi penyebab hangnya FF. Mozillazine menyarankan untuk menghapus download history, terutama file download.rdf dengan cara

“Tools -> Options -> Privacy -> Download History -> Remove Files from the Download Manager”, select: “Upon successful download”

Mozillazine juga menyertakan setingan untuk mengurangi penggunaan memori pada FF, caranya: ganti menjadi about.config pada address bar, lalu ikuti table berikut:

Preference Max memory freed
browser.cache.memory.capacity and browser.cache.memory.enable 14MB
browser.sessionhistory.max_total_viewers 20MB

Ada juga yang disebut dengan config.trim_on_minimize (hanya pada pengguna Windows untuk keperluan pada saat FF di minimize), setingan ini tidak mengurangi penggunaan jumlah memori, melainkan hanya men-swap memori dari RAM ke disk. Ini yang menyebabkan FF menjadi lambat untuk “wake-up” atau istilahnya maximize kembali. Defaultnya nilai ini adalah FALSE, dan memang disarankan untuk menggunakan setingan defaultnya oleh si mozillazine ini.

Seluruhnya sih saya belum mencobanya, tapi tidak ada salahnya jika anda mencoba lebih dulu. :)

Untuk informasi lebih jauh, anda bisa googling di: http://www.google.co.id/search?q=firefox+management+memory&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:en-US:official&client=firefox-a

dan beberapa artikel berikut mungkin bermanfaat untuk anda :)

http://kb.mozillazine.org/Reducing_memory_usage_-_Firefox
http://internetducttape.com/2006/12/02/how-to-fix-the-firefox-memory-leak-firefox-hack/

4 Komentar leave one →
  1. Agustus 9, 2008 7:00 am

    Kalo itu bug atau emang sudah dari sononya mas…..

    Kalo saya malah penggemar Opera..:)

  2. September 5, 2008 2:08 am

    wah, windowsblind memperlambat kinerja pc ya? saya install itu soalnya.
    trus kl untuk browser…tetep pake firefox

  3. September 13, 2008 2:14 am

    seharusnya sih nggak masalah ya mbak, tapi bisa jadi salah satu faktornya karna windows blind boros memori..<–saya sendiri gak tau mengapa mozillazine menyalahkan windowsblind

  4. September 13, 2008 2:16 am

    @mas adnan
    oh begitu yah mas? saya kira sebaiknya developer mozilla lebih mempertimbangkan penggunaan resource agar tidak terjadi memori leak.
    sama, saya juga suka pakai opera, hanya saja kelebihan mozilla banyak add-ons nya, jadinya serasa lebih ‘hidup’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: